3 Acuan Penting Dalam Memilih Sekolah Pilot

Sekolah pilot memang sekolah yang memiliki daya tarik tersendiri dari pada perguruan tinggi lainnya Adapun salah satu daya tarik dari sekolah pilot adalah durasi belajar yang ditempuh singat bahkan ada yang hanya 8 bulan. Tidak hanya itu saja, lulusan dari sekolah ini juga memiliki peluang untuk menjadi pilot bila memenuhi persyaratan yang telah ditentukan maskapai penerbangan. Yang mana pilot merupakan salah satu profesi dengan gaji tinggi. Namun, untuk menjadi pilot harus rela untuk mempersiapkan dana besar juga karena butuh menempuh pendidikan terlebih dahulu di sekolah pilot. Mencari sekolah pilot sendiri tidak boleh asal pilih karena salah pilih memiliki resiko yang besar yang dapat membuat Anda dan orang tua rugi. Untuk meminimalisir hal-hal yang tidak diinginkan saat pilih sekolah satu ini, maka Anda harus memiliki acuan dalam memilih sekolah ini agar bisa mendapatkan atau menemukan sekolah pilot yang tepat.

Usia sekolah

Usia sekolah ikut andil dalam pendidikan Anda di sekolah pilot. Bukan tidak mungkin, usia sekolah yang baru 1 atau 2 tahun berdiri akan mengalami masalah keuangan yang tidak dapat dicegah sehingga mengalami bangkrut. Jika seperti ini, sudah pastinya sekolah akan tutup. Adanya peristiwa ini tentunya yang dirugikan Anda sendiri karena waktu dan uang terbuang dengan percuma-cuma. Walapun Anda masih ingin masuk sekolah pilot, Anda harus mengulang dari awal dan harus mempersiapkan dana besar lagi. Maka dari itu, untuk mencegah hal ini agar tidak sampai terjadi, acuan atau panduan penting saat Anda dalam memilih sekolah pilot usia sekolah. Cek terlebih dahulu sudah berapa lama sekolah pilot yang akan dipilih berdiri. Idealnya, sekolah pilot yang sebaiknya dipilih di atas 3 tahun. Semakin tua usia sekolah, maka semakin bagus untuk dipilih.

Fasilitas sekolah

Fasilitas seperti ruang belajar, simulator, asrama, pesawat latihan, dan bandara latihan, menjadi penunjang Anda saat di sekolah pilot. Tanpa fasilitas memadai, proses belajar tidak akan berjalan maksimal. Untuk fasilitas seperti tempat latihan dan pesawat latihan, harus memadai. Maksudnya, pastikan bandara/tempat latihan yang dimiliki merupakan miliki sendiri bukan bergabung dengan maskapai penerbangan. Bandara yang bergabung dengan maskapai penerbangan, dapat menyebabkan jam terbang menjadi tidak efektif karena ada pesawat lain yang menggunakan bandara. Pastikan juga jumlah pesawat latihan memadai dan masih berfungsi dengan baik. 1 pesawat idealnya digunakan untuk 5 siswa agar siswa lainnya tidak menunggu giliran terlalu lama. Saat Anda mengetahui bahwa di sekolah itu memiliki banyak siswa tapi pesawat latihan sedikit, ada baiknya cari sekolah pilot lainnya.

Biaya

Biaya sekolah pilot memang termasuk mahal lain dengan biaya pendidikan lainnya. Tanpa adanya informasi yang jelas, bukan tidak mungkin biaya menjadi membengkak. Informasi mengenai biaya sangat penting sebagai acuan saat memilih sekolah pilot. Dengan mengetahui berapa besar biaya yang dibutuhkan masuk sekolah pilot, maka Anda dapat membandingkan antara sekolah pilot satu dengan lainnya. Yang harus Anda ketahui saat Anda mendapatkan informasi mengenai rincian biaya, tanya secara detail apakah semua biaya sudah termasuk segalanya atau masih ada biaya tambahan nantinya. Ini bertujuan agar orang tua Anda bisa mempersiapkan biaya yang tidak terduga.

Memang tidak mudah dalam memilih sekolah pilot karena saat ini sudah banyak sekolah satu ini berdiri. Meskipun tidak mudah, Anda harus memiliki 3 acuan dalam memilih sekolah pilot diantranya usia sekolah, fasilitas sekolah, dan biaya.